Kelainan Pada Payudara Wanita yang Perlu Diwaspadai

Kelainan pada Payudara Wanita yang Perlu Diwaspadai - Kontrol teratur adalah langkah pas buat mengantisipasi lebih dini risiko kanker payudara. bila cukup jeli, sinyal tanda kanker dapat dideteksi sendiri dari kelainan-kelainan yang ada di seputar jaringan payudara.


dikutip dari shine, di bawah ini adalah 7 kelainan yang butuh diwaspadai jadi gejala kanker payudara.

1. benjolan
gejala kanker payudara yang sangat gampang dikenali adalah munculnya benjolan yang tidak normal. benjolan itu dapat biasanya diraba sendiri, walau terkadang sebatas dapat diketahui keberadaannya melalui kontrol mammograph.

benjolan yang keras dengan bentuk tidak teratur lebih butuh diwaspadai dibanding benjolan yang lunak dan bulat. benjolan lunak umumnya dipicu oleh adanya kista, walau kista juga dapat mengeras bila alami pengapuran.

2. pembengkakan
walau tidak ada benjolan, payudara yang membengkak atau merasa berat butuh diwaspadai. kehamilan dan retensi ( penumpukan ) cairan disebabkan sangat banyak mengonsumsi garam sesungguhnya juga dapat mengakibatkan payudara membengkak, tetapi pembengkakan disebabkan kanker umumnya tidak simetris pada payudara kiri dan kanan.

3. iritasi kulit
gejala kanker juga dapat diamati dari kulit payudara atau puting yang memerah, tebal dan bersisik. bila sinyal tanda itu nampak walau tidak masih alami infeksi kulit dan tidak mempunyai alergi terhadap bahan kimia pada baju, sabun dan lotion, baiknya selekasnya diperiksakan ke dokter.

4. nyeri dibagian puting
kista di payudara juga dapat mengakibatkan rasa nyeri dibagian puting. buat membedakannya dengan kanker payudara, periksakan selekasnya dan mintalah dokter untuk lakukan kontrol ultrasonik yang dapat membedakan kista dengan sel kanker.

5. puting tenggelam ( nipple retraction )
walau jarang, pertumbuhan sel kanker payudara di seputar areola juga dapat mengakibatkan puting tenggelam. bila gejala ini nampak tiba-tiba dan bertahan sampai lebih dari satu pekan, ada kemungkinan terjadi traksi atau pengencangan kelenjar susu yang terjadi sebab terdesak oleh sel tumor.

6. cairan aneh di puting
tak hanya susu, cairan apa pun yang keluar dari puting butuh diwaspadai terlebih bila berwarna merah atau coklat. umumnya dokter akan lakukan ductogram yaitu sejenis mammograph buat memeriksa kelainan kelenjar susu, lalu mengamati cairan yang keluar dengan bawah mikroskop buat mengetahui adanya sel kanker didalamnya.

7. pembengkakan kelenjar getah bening
kanker payudara senantiasa ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di tempat ketiak. periksakan selekasnya buat mengantisipasi kemungkinan tersebut, walau terkadang infeksi juga dapat mengakibatkan bagian ini membengkak.

sumber