Gempa 8,5 skala Richter Guncang Aceh

Gempa 8,5 skala Richter Guncang Aceh
Gempa 8,5 skala Richter Guncang Aceh
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melaporakan Gempa yang mengguncang Aceh,pada hari Rabu,11 April 2012 berkekuatan 8,5 skala Richter yang berpusat di perairan sebelah barat Aceh membuat warga aceh berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri, bayang-bayang tragedi tsunami tahun 2004 terulang menghantui mereka apalagi BMKG mengumumkan bahwa gempa ini berpotensi menimbulkan Tsunami.

Gempa Rabu kemarin itu berbeda jauh dengan gempa yang mengguncang Aceh pada tahun 2004 silam. Saat itu, 8 tahun yang lalu, gempa berkekuatan 9,1 SR langsung disusul gelombang tsunami besar yang menyapu wilayah Aceh. dan ratusan ribu jiwa melayang terseret Tsunami.

Gempa ini terjadi akibat pertemuan Lempeng Indoaustralia dan Lempeng Eurasia yang mendatar bukan naik turunnya kedua lempengan ini. Gempa ini dipicu sesar geser di Lempeng Indoaustralia. sedangkan gempa yang terjadi pada tahun 2004 silam terjadi di subduksi pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia, dan menurut  para ahli gempa kemarin merupakan gempa intraplate, bukan interplate seperti gempa Aceh yang  berkekuatan 9,1 SR pada 26 Desember 2004. Gempa intraplate tidak menyebabkan tsunami besar seperti halnya gempa interplate yang berada di zona subduksi.

Gempa kali ini hanya menyebabkan gerakan mendatar yang menyebabkan getaran dan riak gelombang di lautan. Kalaupun ada tsunami  tingginya hanya 10-20 centimeter, atau paling tinggi tak lebih dari semeter.